lonelylove

lonelylove

Jumat, 28 November 2014

T.I.D.A.K



1.      Metode dan pendekatan
Ø  Siapa? (who)
Ø  Kenapa? (why)
Ø  Kapan? (when)
Ø  Dimana? (where)
Ø  Apa? (what)
Ø  Bagaimana?(how)
2.      Eksistensi 5W1H
Ø  Siapa (pelaku) = siapa yang kita cari? Menunjukan  jenis analisis soal
Ø  Kenapa (alasan) = kenapa kita mencarinya? Menunjukan analisis korelasi  jawaban dan soal
Ø  Kapan (waktu) = kapan kita mengenalnya? Menunjukan analisis materi yang membahas soal
Ø  Diamana (posisi) = dimana letaknya? Menunjukan pengecilan materi soal
Ø  Apa (keberadaan subjek) = menunjukan identifikasi hubungan materi dan soal
Ø  Bagaimana (cara) = menunjukan metode penggunaan teknik
3.      Strukturalisasi kasar
Ø  1-2 = analisis soal (kuandran A)
v  Poin to poin
ü  Deskripsi suatu materi dalam bentuk point= soal menyajikan point tertentu berupa cirri/penjelasan suatu materi yang meminta jawaban memberinya legitimasi.
ü  Jawaban yang diurutkan= soal menyajikan poin kata secara acak dan meminta jawaban mengurutkannya secara tepat
v  Poin to picture
ü  Gambar yang meminta penjelasan = soal berupa gambar yang meminta penjelasan jawaban.
ü  Gambar yang meminta nama = soal memberikan penunjukan bagian teertentu dari gambar dan meminta jawaban memberikannya nama/istilah.
ü  Gambar yang meminta legitimasi= soal menyajikan gambar beserta beserta sedikit teori yang meminta jawaban memberikan legitimasi.
v  Poin to teori
ü  Penjelasan yang ingin di lengkapi= soal memaparkan kalimat deskripsi/ penjelasan serta defenisi dari suatu materi yang belum lengkap kemudian meminta jawaban menyempurnakannya.
ü  Deskripsi suatu materi= soal menyajikandefenisi tertentu suatu materi dan meminta jawaban memberinya penamaan.
ü  Legitimasi= soal berupa pengertian, deskripsi, cirri, serta penjabaran suatu materi yang pada bagian tertentu kalimatnya terdapat kata “kecuali”…”yang bukan” dan lain lain yang meminta jawaban memberinya legitimasi.
v  Teori to picture
ü  Teori yang meminta jawaban gambar= soal memaparkan suatu teoriyang meminta gambar menjawabnya.
ü  Gambar yang meminta jawaban teori= soal memaparkan gambar yang meminta jawaban berupa teori.

Ø  3-4 = analisis materi (kuadran B)
v  Mengenali cirri tertentu dari suatu materi yang merujuk pada tingkatan mana materi tersebut di pelajari.
v  Untuk MAPEL biologi, bnerdasarkan tingkatannya materi dibagi atas:
ü  Kelas I =pengenalan dan dasar ilmu biologi
ü  Kelas II= system fisiologi
ü  Kelas III= biologi terapan
v  Pengecilan cakupan materi soal:
ü  Kelas satu= hakikat biologi, virus, monera, protista, fungi, keanekaragam hayati, plantae, animalia, ekosistem
ü  Kelas dua= sel, jaringan, gerak, darah, cerna, nafas, kesresi, kordinasi, reproduksi
ü  Kelas tiga=pertumbuhan dan perkembangan tanaman, metabolism, materi genetik, reproduksi sel, pewarisan sifat, evolusi, teori  asal usul kehidupan, biotek

Ø  4-6 = analisis jawaban (kuadran C)
v  Lakukan kgiatan kuadran A.
v  Dengan menggunakan hasil kuadran A, identifikasi jenis soalnya.
v  Lakukan perosedur kuadran B  dengan terlebih dahulu mengelompokkan pengkajian materi berdasarkan tingkat pengkajian mana dia di pelajari
v  Perkecil cakupan materi  dengan tidak memasukkan hal apapun yang dirasa tidak berhubungan dengan materi dan mulailah membuat peta konsep.
v  Peta konsep yang baik adalah bagan yang mambahas suatu subjek dengan pola kausatif dari umum ke khusus (deduktif).
v  Perkecil cakupan pete konsep pada materi mana soal di tanyakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar