1. Metode dan
pendekatan
Ø Siapa? (who)
Ø Kenapa? (why)
Ø Kapan? (when)
Ø Dimana?
(where)
Ø Apa? (what)
Ø Bagaimana?(how)
2. Eksistensi
5W1H
Ø Siapa
(pelaku) = siapa yang kita cari? Menunjukan
jenis analisis soal
Ø Kenapa
(alasan) = kenapa kita mencarinya? Menunjukan analisis korelasi jawaban dan soal
Ø Kapan (waktu)
= kapan kita mengenalnya? Menunjukan analisis materi yang membahas soal
Ø Diamana
(posisi) = dimana letaknya? Menunjukan pengecilan materi soal
Ø Apa
(keberadaan subjek) = menunjukan identifikasi hubungan materi dan soal
Ø Bagaimana
(cara) = menunjukan metode penggunaan teknik
3. Strukturalisasi
kasar
Ø 1-2 =
analisis soal (kuandran A)
v Poin to poin
ü Deskripsi
suatu materi dalam bentuk point= soal menyajikan point tertentu berupa
cirri/penjelasan suatu materi yang meminta jawaban memberinya legitimasi.
ü Jawaban yang
diurutkan= soal menyajikan poin kata secara acak dan meminta jawaban
mengurutkannya secara tepat
v Poin to
picture
ü Gambar yang
meminta penjelasan = soal berupa gambar yang meminta penjelasan jawaban.
ü Gambar yang
meminta nama = soal memberikan penunjukan bagian teertentu dari gambar dan
meminta jawaban memberikannya nama/istilah.
ü Gambar yang
meminta legitimasi= soal menyajikan gambar beserta beserta sedikit teori yang
meminta jawaban memberikan legitimasi.
v Poin to teori
ü Penjelasan
yang ingin di lengkapi= soal memaparkan kalimat deskripsi/ penjelasan serta
defenisi dari suatu materi yang belum lengkap kemudian meminta jawaban
menyempurnakannya.
ü Deskripsi
suatu materi= soal menyajikandefenisi tertentu suatu materi dan meminta jawaban
memberinya penamaan.
ü Legitimasi=
soal berupa pengertian, deskripsi, cirri, serta penjabaran suatu materi yang
pada bagian tertentu kalimatnya terdapat kata “kecuali”…”yang bukan” dan lain
lain yang meminta jawaban memberinya legitimasi.
v Teori to picture
ü Teori yang
meminta jawaban gambar= soal memaparkan suatu teoriyang meminta gambar
menjawabnya.
ü Gambar yang
meminta jawaban teori= soal memaparkan gambar yang meminta jawaban berupa
teori.
Ø 3-4 =
analisis materi (kuadran B)
v Mengenali
cirri tertentu dari suatu materi yang merujuk pada tingkatan mana materi
tersebut di pelajari.
v Untuk MAPEL
biologi, bnerdasarkan tingkatannya materi dibagi atas:
ü Kelas I
=pengenalan dan dasar ilmu biologi
ü Kelas II=
system fisiologi
ü Kelas III=
biologi terapan
v Pengecilan cakupan
materi soal:
ü Kelas satu=
hakikat biologi, virus, monera, protista, fungi, keanekaragam hayati, plantae,
animalia, ekosistem
ü Kelas dua=
sel, jaringan, gerak, darah, cerna, nafas, kesresi, kordinasi, reproduksi
ü Kelas
tiga=pertumbuhan dan perkembangan tanaman, metabolism, materi genetik,
reproduksi sel, pewarisan sifat, evolusi, teori
asal usul kehidupan, biotek
Ø 4-6 =
analisis jawaban (kuadran C)
v Lakukan
kgiatan kuadran A.
v Dengan
menggunakan hasil kuadran A, identifikasi jenis soalnya.
v Lakukan
perosedur kuadran B dengan terlebih
dahulu mengelompokkan pengkajian materi berdasarkan tingkat pengkajian mana dia
di pelajari
v Perkecil
cakupan materi dengan tidak memasukkan
hal apapun yang dirasa tidak berhubungan dengan materi dan mulailah membuat
peta konsep.
v Peta konsep
yang baik adalah bagan yang mambahas suatu subjek dengan pola kausatif dari
umum ke khusus (deduktif).
v Perkecil
cakupan pete konsep pada materi mana soal di tanyakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar